//
you're reading...
pariwisata

Taman Nasional Gunung Halimun


Taman Nasional Gunung Halimun

satwa liar

Taman Nasional Gunung Halimun, Halimun bisa di artikan kabut. Seperti yang memang kita ketahui bahwa keberadaan gunung halimun yang ering kami kunjungi meang benar sangat berkabut di tambah dengan suhu yang begitu dingin. Penasaran mau mencoba berkunjung kesana, selain kita disuguhi oleh berbagai hal yang pasti kita dipuaskan oleh segarnya alam yang asri, view hijau yang membentang, objek wisata yang mampu menarik perhatian pengunjung, seperti air terjun, jembatan kanofi yang diperuntukan untuk pengunjung berjalan diatas pohon yang tinggi. Dan seperti kabar tersiar selama ini bahwa keberadaan gunung halimun ini terdapat bannyak misteri misteri keanekaragaman hayati. Selain macan tutul, burung pemangsa bernama Elang Jawa yang bisa kita jumpai di tempat ini.

Taman Nasional Gunung Halimun (TNGH) terletak lebih kurang 100 KM arah Barat Daya Jakarta. Secara administratif wilayah itu termasuk dalam Kabupaten Bogor, Lebak dan Sukabumi. Luas taman nasional ini mencapai 40.000 hektar dan terbentang di ketinggian antara 500 hingga 2000 meter di atas permukaan laut.

Dari kawasan taman nasional ini mengalir beberapa sungai yang tak pernah kering memenuhi kebutuhan air bagi wilayah di sekitarnya. Sungai-sungai tersebut antara lain Ciberang, Ciujung, Cidurian, Cisadane dan Cimandur.

Karena tempatnya masih berupa hutan perawan dan berada di ketinggian dengan kemiringan sampai 45 derajat, maka dapat ditemui beberapa air terjun yang sangat eksotik yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Salah satu tempat yang lazim dikunjungi adalah stasiun penelitian Cikaniki yang terletak di bagian Barat taman ini. Sekitar 200 meter di sebelah Utara stasiun penelitian ini terdapat sebuah menara penelitian, atau tepatnya jembatan yang diberi nama Canopy Walk. Bangunan ini menggunakan empat pohon besar sebagai penyangga empat jembatan yang panjangnya 100 meter dengan ketinggian 25 meter dari permukaan tanah.

Karena terletak di tiga kabupaten, Taman Nasional Gunung Halimun (TNGH) bisa dicapai lewat berbagai arah. Tapi untuk mudahnya, Anda bisa memilih jalur Parungkuda di Sukabumi menuju Kabandungan. Jarak yang dilalui sekitar 30 KM selama sekitar 1,5 jam. Kendaraan pribadi atau angkutan umum bisa digunakan untuk menempuh perjalanan ini. Kemudian dari kantor TNGH di Kabandungan, setelah membayar karcis Rp 1.500 per orang dan asuransi sebesar Rp 2.000, pengunjung dapat menuju ke stasiun penelitian Cikaniki, memakan waktu 1,5 hingga dua jam untuk jarak 18 kilometer, karena jalan masih berbatu. Dijalur ini penggunaan kendaraan pribadi tidak dianjurkan. Sebaiknya pengunjung menyewa truk pengangkut teh seharga Rp 25.000 sekali jalan. Dengan truk sewaan itu pula Anda bisa meneruskan perjalanan ke Cita Lahab, kawasan perkebunan teh yang berada dalam taman nasional itu.

Jalur alternatif menuju kearah sana patutlah dipertimbangkan, selain pertimbangan jarak tempuh ke lokasi juga penting bagi kita untuk mempertimbangkan seberapa besar cost yang akan kita keluarkan nantinya, tak hanya itu apakah track atau jalur yang lalui aman atau tidak. Kami sarankan kepada anda yang berminat untuk berpetualang, atau hanya sekedar jalan-jalan, anda bisa menempuh jalur alternatif lewat jalur bogor yang menembus ke arah desa malasari kecamatan nanggung. Yang lebih menarik lagi kalu kita pake jalur ini kita akan disuguhi view pemandangan hijau perkebunan the yang membentang luas dan tidak kalah dengan yang ada dipuncak bogor, tapi menurut saya justru disini bisa kita dapatkan view lebih dari pada puncak. Oke deh diberangkatkan saja pokok nya seru brow!

About ade subandi

saya faham akan ketidaksmepurnaan dalam tulisan yang saya buat melalui blog ini masih banyak sekali kekurangan. namun dengan blog yang sederhana ini paling tidak ada nilai manfaat meskipun kecil semoga ada hikmahnya buat para readers netters.

Diskusi

4 thoughts on “Taman Nasional Gunung Halimun

  1. halo mas ade,

    saya tertarik sekali dengan jalur malasari karena beberapa bulan lalu saya pernah kesini naik motor awalnya sih saya cuma iseng pingin tau aja eeh malah ketemu ujungnya di desa malasari dan disitu ada gerbang taman nasional gunung halimun…. kira2 kalau mau ke kawasan TNGH lewat gebang malasari bisa ga ya? dan tembusnya kemana? dan apakah memungkinkan menggunakan motor? sebelumnya saya ucapin terima kasih banyak….

    salam,
    imam

    Posted by imam | Mei 30, 2010, 16:38

ONLY JUST CLIK PAID MONEY FREE

DIBAYAR FACEBOOK

Berbisnis dan berbagi bersama anak yatim

BAYAR APA SAJA MUDAH PLUS PASIF INCOME

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

your site traffic and get extra money free

SEJARAH SUKU BADUY

KLIK DISINI

WISATA GUNUNG SALAK

Taman Nasional Gunung Halimun – Salak

Destinasi Alam Petualang

Follower recent

Tips dan Trik Sukses Bisnis Online

visitor

  • 81,556 hits

Page Rank

free counters
ihannug

nobody's perfect

Liby Everlasting

Dari "Nothing" menjadi "Something"

RAU TRADE CENTER KOSUMBA

A great WordPress.com site

risqiaputri

Hanya sebuah kerikil kecil

BELAJAR INET MARKETING

Belajar Bisnis Online dan Internet Marketing

AndraUlfaWijaya

hidupku.. hidupmu..

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: