//
you're reading...
TENTANG ISLAM

Tebar Hikmah


SEBUAH CATATAN INTROPEKSI UNTUK SANG PENGUASA

Oleh: Ade Subandi

Ditempat yang jauh tinggalah seorang raja dengan istrinya yang cantik jelita.

Seorang raja tersebut bertanya kepada istrinya, “wahai istriku, katakanlah dengan jujur, siapakah raja yang lebih tampan, lebih pintar, lebih gagah, aku atau raja dari kerajaan lain diluar sana?” tentu saja engkau yang lebih tampan, gagah, dan arif.” Jawab sang istri penuh lembut. Raja sangat senang sekali mendengarya, tapi sang raja merasa ragu, sebab raja dari kerajaan diluar sana sangat tersohor ketampanannya, kegagahannya, dan kearifannya.

Keesokan harinya, datanglah seorang tamu yang akan meminta pertolongan dari raja. Seperti biasa raja pun kembali memberikan pertanyaan orang tersebut. ”menurut anda siapakah yang paling tampan, gagah, dan arif antara aku dan raja dari kerajaan di luar sana, “Tanya raja.” Oh, tentu saja paduka raja yang paling tampan, gagah, dan arif. “jawab seorang tamu dengan tegas.Raja pun kembali merasa senang, walau keraguan tetap ada di hati nya.

Selang bebrapa hari raja kembali mengadakan pertemuan besar dengar para bawahannya, di akhir pertemuan tersebut sang raja kembali mengajukan petanyaan yang serupa sebelumnya. “wahai para panglima dan para prajurit yang gagah, siapakah raja yang paling tampan, gagah, dan arif antara aku dan raja diluar sana? ” serentak secara bersama panglima dan para prajurit menjawab dengan tegas, ”engkaulah paduka raja yang paling gagah, tampan, dan arif. Raja pun kembali senang.

Di kesokan harinya raja mendengar bahwa akan ada kunjungan dari kerajaan di luar sana sebagai kunjungtan kehormatan. Raja pun menjamu dengan penghormatan yang besar. Dalam suasana seperti ini sang raja memanfaatkan waktu pertemuaannya untuk meneliti dan membuktikan apakah benar apa yang dikatakan istriku, panglima dan prajuritku benar adanya.

Lama ia merenung, mengapa istriku, panglima dan prajuritku, dan seluruh bawahanku mengatakan kepadaku bahwa akulah yang tertampan, tergagah, dan terarif padahal yang sebenarnya adalah justru benar yang tertampan, tergagah, dan terarif adalah dia raja dari kerajaan diluar sana. Hingga akhirnya raja menemukan jawabannya

Istriku mengatakan bahwa akulah yang paling tampan, gagah, dan arif karena ia mencintaiku. Panglima dan prajuritku, dan seluruh bawahanku mengatakan yang serupa pula itu dikarenakan imereka takut kepadaku. Begitu juga dengan seorang tamu dia mengatakan seperti itu karena ia membutuhkan pertolonganku. Demikian piker sang raja tersebut.

Sang raja mendapat pengetahuan yang sangat berharga. “Pikirnya semakin tinggi kedudukan seseorang semakin sedikit orang yang berani mengungkap kekurangannya.”

Dari pengalaman tersebut sang raja mendapat pelajaran yang berharga dan membuat kesimpulan, “aku raja yang berkuasa, baik atas para pejabat maupun rakyat jelata. Dapatlah dimengerti, jika tidak ada seorang pun yang berani mengatakan hak yang buruk yang sebenarnya terjadi pada diriku, dan ini amat berbahaya bagi diriku sebagai raja!”

Keesokan harinya raja memerintahkan bawahannya membuat pengumuman. Barang siapa yang yang dapat mengemukakan kelemahan dan keburukan raja beserta para pejabat dan pegawai kerajaan dengan jujur, baik secara lisan maupun tulisan akan diberi hadiah.

Selang beberapa hari banyak sekali terdengar suara – sura kritikan dan keterangan – keterangan yang bernada kritikan kepada raja. Sang raja berpikir dan menyadari, betapa banyak kelemahan dan keburukan yang dimilikinya terutama keburukan dari para pejabat kerajaan.

Raja tidak hanya menepati janjinya memberikan hadiah kepada orang yang telah mengungkapkan kelemahan dan keburukannya, tapi juga menerima dan melaksanakan usul mereka.

Tak lama kemudian kritikan yang terdengar dan tertulis lama kelamaan semakin sedikit, sampai tidak ada lagi seorangpun yang berani mencela, mengkritik, karena memang sudah tidak ada lagi alasan harus mencelanya.

About ade subandi

saya faham akan ketidaksmepurnaan dalam tulisan yang saya buat melalui blog ini masih banyak sekali kekurangan. namun dengan blog yang sederhana ini paling tidak ada nilai manfaat meskipun kecil semoga ada hikmahnya buat para readers netters.

Diskusi

Komentar ditutup.

ONLY JUST CLIK PAID MONEY FREE

DIBAYAR FACEBOOK

Berbisnis dan berbagi bersama anak yatim

BAYAR APA SAJA MUDAH PLUS PASIF INCOME

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

your site traffic and get extra money free

SEJARAH SUKU BADUY

KLIK DISINI

WISATA GUNUNG SALAK

Taman Nasional Gunung Halimun – Salak

Destinasi Alam Petualang

Follower recent

Tips dan Trik Sukses Bisnis Online

visitor

  • 81,556 hits

Page Rank

free counters
ihannug

nobody's perfect

Liby Everlasting

Dari "Nothing" menjadi "Something"

RAU TRADE CENTER KOSUMBA

A great WordPress.com site

risqiaputri

Hanya sebuah kerikil kecil

BELAJAR INET MARKETING

Belajar Bisnis Online dan Internet Marketing

AndraUlfaWijaya

hidupku.. hidupmu..

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: