//
you're reading...
TENTANG ISLAM

Kunci Hidup Manusia


ade subandiSetiap tuntunan agama, telah dijadikan oleh allah kunci pembukanya. Kunci untuk membuka shalat adalah tharah (bersuci). Kunci haji adal;ah (ihram). Kunci kebajikan adalah (jujur), dan kunci sorga adalah tauhid, kunci ilmu adalah dengan bannyak bertanya, dan kunci pertolongan yaitu dengan kesabaran. Kunci untuk membuka rejeki adalah dengan bersyukuri nikmat alllah yang deberikan. Kunci kesenangan dan kebahagian di dunia adalah zuhud didunia, dan kunci iman adalah memikirkkan apa yang dituntut oleh allah agara kita mau berpikir. Kunci untuk masuk kedalam kekuasaan allah adalah hati yang islam dan ikhlas. Kunci untuk memantapmkan hati yang hidup adalah memperbanyak dan mencari pengetahuan, merenungkan dan mengamalkan isi dari kandungan alqur’an serta menghindari perbuatan dosa. Kunci rejeki adalah dengan bekerja yang dibarengi dengan do’a dan bertawakal. Kunci kemuliaan adalah taat kepada allah dan rasulnya. Kunci untuk memprsiapkan menuju alam akhirat adalah tidak banyak berangan-angan.
Inilah masalah besar tentang paling bermanfaatnya pintu-pintu ilmu, yakni dengan mengetahui kunci-kunci kebaikan dan keburukan. Allah telah menjadikan pintu masuk dan kunci bagi setiap kebaikan dan keburukan, yang menjadikan setiap syirik dan sombonmg adalah kunci menuju ke neaka. Dan minuman khamer adalah kunci bagi segala dosa, dan nyanyian adalah kunci dari perzinahan, malas sebagai kunci kenistaan dan kesengsaraan, dan maksiat adalak kunci kekafiran.sedang kikir adalah kunci kebakhilan dan terputusnya tali silaturrahim (hubungan kekeluargaan).
Sudah semestinya kita sebagai hambanya mengetahui kunci-kunci tersebut dan memper hatikan dengan seksama mengenal kunci tersebut dan segala sesuatu yang telah menjadikan allah bagi hambanya. Dan dibalik semua itu terdapat taufik dan keadilan allah. Baginya segala kerajaan dan pujian, karunia dan nikmat.
Dan hendaklah disadari pula bahwa nikmat yang besar bagi manusia adalah nikmat sehat. Iman dan islam adalah nikmat yang harus disyukuri, dipelihara, dan diamalkan dengan ikhlas lillahi taala untuk meraih taqwa. Dan inilah kunci kembali ke khadiratnya.
At thariiqu ilaal jannah, “ibnu qayyim al jauziah” jalan ke surga, terjemahan jamaludin kafie. Ade Subandi/ 10

About ade subandi

saya faham akan ketidaksmepurnaan dalam tulisan yang saya buat melalui blog ini masih banyak sekali kekurangan. namun dengan blog yang sederhana ini paling tidak ada nilai manfaat meskipun kecil semoga ada hikmahnya buat para readers netters.

Diskusi

One thought on “Kunci Hidup Manusia

  1. tetap ikhlas dalam setiap menjalankan hidup ini

    Posted by adey | April 6, 2010, 09:36

ONLY JUST CLIK PAID MONEY FREE

DIBAYAR FACEBOOK

Berbisnis dan berbagi bersama anak yatim

BAYAR APA SAJA MUDAH PLUS PASIF INCOME

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

your site traffic and get extra money free

SEJARAH SUKU BADUY

KLIK DISINI

WISATA GUNUNG SALAK

Taman Nasional Gunung Halimun – Salak

Destinasi Alam Petualang

Follower recent

Tips dan Trik Sukses Bisnis Online

visitor

  • 81,556 hits

Page Rank

free counters
ihannug

nobody's perfect

Liby Everlasting

Dari "Nothing" menjadi "Something"

RAU TRADE CENTER KOSUMBA

A great WordPress.com site

risqiaputri

Hanya sebuah kerikil kecil

BELAJAR INET MARKETING

Belajar Bisnis Online dan Internet Marketing

AndraUlfaWijaya

hidupku.. hidupmu..

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: