//
Dak’wah Islam

AL-QUR’AN DAN IPTEK

Sebagian orang yang rendah pengetahuan keislamannya beranggapan bahwa al-Qur’an adalah sekedar kumpulan cerita-cerita kuno yang tidak mempunyai manfaat yang signifikan terhadap kehidupan modern, apalagi jika dikorelasikan dengan kemajuan IPTEK saat ini.

Al-Qur’an menurut mereka cukuplah dibaca untuk sekedar mendapatkan pahala bacaannya, tidak untuk digali kandungan ilmu didalamnya, apalagi untuk dapat menjawab permasalahan-permasalahan dunia modern dan diterapkan dalam segala aspek kehidupan, hal itu adalah sesuatu yang nonsense.

Anggapan-anggapan diatas merupakan indikasi bahwa orang tersebut tidak mau berusaha untuk membuka al-Qur’an dan menganalisis kandungan ayat-ayatnya. Oleh karenanya maka anggapan tersebut adalah sangat keliru dan bertolak belakang dengan semangat al-Qur’an itu sendiri. Bukti-bukti di bawah ini menunjukkan yang sebaliknya :

1. Bahwa wahyu yang pertama sekali diturunkankan oleh Allah SWT kepada Nabi-Nya Muhammad SAW adalah perintah untuk membaca/belajar (QS 96/1-5) dan menggunakan akal, bukan perintah untuk shalat, puasa atau dzikrullah. Demikian tinggi hikmah turunnya ayat ini, menunjukkan perhatian Islam yang besar terhadap ilmu pengetahuan.

2. Bahwa Allah SWT mengangkat manusia (Adam as) sebagai khalifah-Nya dimuka bumi dan bukan para malaikat-Nya sebab adanya ilmu pengetahuan (QS 2/31-33). Yang dengan kelebihan ilmu pengetahuan itu juga, Allah SWT memuliakan Adam as, sehingga memerintahkan para malaikat-Nya untuk bersujud kepada Adam as.

3. Manusia yang memiliki derajat yang paling tinggi disisi ALLAH SWT, adalah manusia yang memiliki iman dan ilmu (QS 58/11). Karena iman membawa manusia kepada ketinggian di akhirat (fil akhirati hasanah), dan ilmu membawa manusia kepada ketinggian di dunia (fid dunya hasanah).

4. Syarat manusia yang berhak diangkat menjadi pemimpin dalam Islam ada 2 hal : ilmu yang tinggi dan fisik yang sehat (QS 2/247). Ini menunjukkan betapa tinggi penghargaan Islam kepada nilai-nilai ilmu dan nilai-nilai kesehatan.

5. Bahkan Allah SWT melarang manusia untuk melakukan suatu pekerjaan/ perbuatan tanpa memiliki ilmunya (QS 17/36). Artinya bahwa Islam sangat menghargai spesialisasi dalam berbagai bidang ilmu dan menganjurkan ummatnya untuk menjadi seorang yang profesional sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing (menjadi expert dalam bidangnya).

6. Sejarah menunjukkan, bahwa pada masa kaum muslimin mempelajari dan melaksanakan ajaran agamanya dengan benar, maka mereka memimpin dunia dengan pakar-pakar yang menguasai dalam disiplin ilmunya masing-masing, sehingga Baratpun belajar dari mereka (lihat buku III). Baru dimasa kaum muslimin meninggalkan ajaran agamanya dan tergiur dengan kenikmatan duniawi dan berpaling ke Barat, maka Allah SWT merendahkan dan menghinakan mereka. Sungguh telah benar Rasulullah SAW yang telah memperingatkan ummatnya akan hal ini, sebagaimana dalam haditsnya : “Kelak akan datang suatu masa dimana kalian akan menjadi seperti makanan diatas piring yang dihadapi oleh orang-orang yang kelaparan. Maka para sahabat ra bertanya : Apakah karena jumlah kita sedikit saat itu ya Rasulullah ? Jawab Nabi SAW : Bahkan jumlah kalian sangat banyak. Tetapi kalian terkena penyakit “wahn”! Tanya para sahabat ra : Apa itu “wahn” ya Rasulullah ? Jawab Nabi SAW : Kalian cinta dunia dan takut mati.” (HR )

SUMBER-SUMBER ILMU PENGETAHUAN DALAM ISLAM

Setelah kita mengetahui betapa tinggi perhatian Islam terhadap ilmu pengetahuan dan betapa Allah SWT mewajibkan kepada kaum muslimin untuk belajar dan terus belajar, maka Islampun telah mengatur dan menggariskan kepada ummatnya agar mereka menjadi ummat yang terbaik (dalam ilmu pengetahuan dan dalam segala hal) dan agar mereka tidak salah dan tersesat, dengan memberikan bingkai sumber-sumber pengetahuan berdasarkan urutan kebenarannya sebagai berikut :

1. Al-Qur’an dan as-Sunnah :

Allah SWT telah memerintahkan hamba-Nya untuk menjadikan al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai sumber pertama ilmu pengetahuan. Hal ini dikarenakan keduanya adalah langsung dari sisi Allah SWT dan dalam pengawasannya, sehingga terjaga dari kesalahan, dan terbebas dari segala vested interest apapun, karena ia diturunkan dari Yang Maha Berilmu dan Yang Maha Adil. Sehingga tentang kewajiban mengambil ilmu dari keduanya, disampaikan Allah SWT melalui berbagai perintah untuk memikirkan ayat-ayat NYA (QS 12/1-3) dan menjadikan Nabi SAW sebagai pemimpin dalam segala hal (QS 33/21).

2. Alam semesta :

Allah SWT telah memerintahkan manusia untuk memikirkan alam semesta (QS 3/190-192) dan mengambil berbagai hukum serta manfaat darinya, diantara ayat-ayat yang telah dibuktikan oleh pengetahuan modern seperti :
” Ayat tentang asal mula alam semesta dari kabut/nebula (QS 41/11).
” Ayat tentang urutan penciptaan (QS 79/28-30): Kegelapan (nebula dari kumpulan H dan He yang bergerak pelan), č adanya sumber cahaya akibat medan magnetik yang menghasilkan panas radiasi termonuklir (bintang dan matahari) č pembakaran atom H menjadi He lalu menjadi C lalu menjadi O baru terbentuknya benda padat dan logam seperti planet (bumi) č panas turun menimbulkan kondensasi baru membentuk air č baru mengakibatkan adanya kehidupan (tumbuhan).
” Ayat bahwa bintang-bintang merupakan sumber panas yang tinggi (QS 86/3), matahari sebagai contoh tingkat panasnya mencapai 6000 derajat C.
” Ayat tentang teori ekspansi kosmos (QS 51/47).
” Ayat bahwa planet berada pada sistem tata surya terdekat (sama’ ad-dunya) (QS 37/6).
” Ayat yang membedakan antara planet sebagai pemantul cahaya (nur/kaukab) dengan matahari sebagai sumber cahaya (siraj) (QS 71/16).
” Ayat tentang gaya tarik antar planet (QS 55/7).
” Ayat tentang revolusi bumi mengedari matahari (QS 27/88).
” Ayat bahwa matahari dan bulan memiliki waktu orbit yang berbeda-beda (QS 55/5) dan garis edar sendiri-sendiri yang tetap (QS 36/40).
” Ayat bahwa bumi ini bulat (kawwara-yukawwiru) dan melakukan rotasi (QS 39/5).
” Ayat tentang tekanan udara rendah di angkasa (QS 6/125).
” Ayat tentang akan sampainya manusia (astronaut) ke ruang angkasa (in bedakan dengan lau) dengan ilmu pengetahuan (sulthan) (QS 55/33).
” Ayat tentang jenis-jenis awan, proses penciptaan hujan es dan salju (QS 24/43).
” Ayat tentang bahwa awal kehidupan dari air (QS 21/30).
” Ayat bahwa angin sebagai mediasi dalam proses penyerbukan (pollen) tumbuhan (QS 15/22).
” Ayat bahwa pada tumbuhan terdapat pasangan bunga jantan (etamine) dan bunga betina (ovules) yang menghasilkan perkawinan (QS 13/3).
” Ayat tentang proses terjadinya air susu yang bermula dari makanan (farts) lalu diserap oleh darah (dam) lalu ke kelenjar air susu (QS 16/66), perlu dicatat bahwa peredaran darah baru ditemukan oleh Harvey 10 abad setelah wafatnya nabi Muhammad SAW.
” Ayat tentang penciptaan manusia dari air mani yang merupakan campuran (QS 76/2), mani merupakan campuran dari 4 kelenjar, testicules (membuat spermatozoid), vesicules seminates (membuat cairan yang bersama mani), prostrate (pemberi warna dan bau), Cooper & Mary (pemberi cairan yang melekat dan lendir).
” Ayat bahwa zyangote dikokohkan tempatnya dalam rahim (QS 22/5), dengan tumbuhnya villis yang seperti akar yang menempel dpada rahim.
” Ayat tentang proses penciptaan manusia melalui mani (nuthfah) č zygote yang melekat (‘alaqah) č segumpal daging/embryo (mudhghah) č dibungkus oleh tulang dalam misenhyme (‘idhama) č tulang tersebut dibalut oleh otot dan daging (lahma) (QS 23/14).

3. Diri manusia :

Allah SWT memerintahkan agar manusia memperhatikan tentang proses penciptaannya, baik secara fisiologis/fisik (QS 86/5) maupun psikologis/jiwa manusia tersebut (QS 91/7-10).

4. Sejarah :

Allah SWT memerintahkan manusia agar melihat kebenaran wahyu-Nya melalui lembar-lembar sejarah (QS 12/111). Jika manusia masih ragu akan kebenaran wahyu-Nya dan akan datangnya hari pembalasan, maka perhatikanlah kaum Nuh, Hud, Shalih, Fir’aun, dan sebagainya, yang kesemuanya keberadaannya dibenarkan dalam sejarah hingga saat ini.

PEMBAGIAN ILMU YANG WAJIB DIPELAJARI

Islam membagi ilmu yang wajib dipelajari ke dalam 2 kelompok, yaitu :

1. Fardhu ‘ain : Yaitu ilmu yang wajib dipelajari oleh setiap muslim tanpa kecuali, dimana didalamnya termasuk aqidah, ibadah, tazkiyyah-nafs, akhlaq, dan lain lain. Jika seorang muslim tidak mengetahui dan mempelajarinya maka ia berdosa. Mengapa demikian ? Hal ini dikarenakan ilmu ini harus dimiliki oleh setiap orang agar kehidupan pribadinya selamat di dunia dan di akhirat, dan agar kehidupan bermasyarakat juga menjadi terjaga dan berjalan dengan baik.
Pada masa kini, dimana ilmu jenis ini dilalaikan oleh sebagian besar kaum muslimin, maka yang terjadi adalah kekacauan, baik dalam kehidupan individual maupun dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Terjadinya tawuran pelajar, meningkatnya kriminalitas, penyalahgunaan Narkoba, meningkatnya penderita AIDS, dan lain lain menunjukkan hal ini.

2. Fardhu kifayah : Yaitu ilmu yang diwajibkan untuk dipelajari oleh sebagian kaum muslimin sehingga terpenuhinya kecukupan atau kebutuhan akan ilmu tersebut. Tetapi apabila kecukupan itu tidak tercapai, maka kaum muslimin menjadi berdosa semuanya. Contohnya adalah ilmu-ilmu alam, sosial, hadits, tafsir, bhs Arab, dan lain lain.
Hal ini sangat sesuai dengan kondisi kebutuhan manusia, karena ilmu jenis ini tidak harus dipelajari oleh semua orang (berbeda dengan kelompok ilmu pertama diatas), melainkan Islam menghargai spesialisasi sesuai dengan disiplin ilmu yang diminati oleh masing-masing orang.

ARAH PENGEMBANGAN ILMU

Allah SWT menggariskan secara tegas tentang arah pengembangan ilmu pengetahuan dalam Islam, sehingga kaum muslimin dalam kegiatan belajar dan mengajar tidak boleh sama sekali keluar dari garis ini, yaitu :

1. Bahwa ilmu pengetahuan yang dipelajari tersebut haruslah ditujukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT (QS 22/65, 16/14, 14/32-34), bukan untuk mendapatkan pujian orang, bukan pula untuk tujuan-tujuan yang rendah seperti sekedar untuk mencari uang, popularitas, jabatan, dan sebagainya.

2. Bahwa ilmu pengetahuan yang dipelajari tersebut haruslah tidak menimbulkan kerusakan, baik pada diri sendiri, maupun orang lain dan alam semesta ini (QS 7/56). Segala jenis ilmu yang bertujuan merusak, membahayakan dan menghancurkan sangat dilarang dalam Islam. Sehingga Nabi SAW bersabda : “Tidak boleh membahayakan orang lain dan tidak boleh pula menentang bahaya.”

3. Bahwa ilmu pengetahuan yang dipelajari tersebut haruslah tidak ada pemisahan/sekularisasi ilmu yang bertujuan mengkotak-kotakkan antara ilmu dengan agama. Sehingga dalam Islam tidak dikenal adanya ilmu untuk ilmu, atau seni untuk seni, sehingga bebas dari aturan-aturan dan norma-norma agama. Semua ilmu, seni, politik, hukum dan semua aspek kehidupan seorang muslim tidak bisa dan tidak boleh lepas dari tatanan yang telah digariskan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya. Kalau tidak demikian maka keislamannya dipertanyakan (QS 4/65).

TANDA-TANDA ILMUWAN MUSLIM (ULIL ALBAB)

Tanda-tanda seorang ilmuwan yang muslim (cendekiawan muslim/intelektual Islam) haruslah memiliki karakteristik sebagai berikut :

1. Bersungguh-sungguh belajar (QS 3/7). Seorang muslim sangat menyadari akan hakikat semua aktifitas hidupnya adalah dalam rangka pengabdiannya kepada Allah SWT, sehingga dirinya haruslah mengoptimalkan semua potensi yang dimilikinya untuk sebesar-besarnya digunakan meningkatkan taraf hidup kaum muslimin.

2. Berpihak pada kebenaran (QS 5/100). Seorang muslim sangat menyadari bahwa ilmu yang bermanfaat yang didapatnya itu kesemuanya dari sisi Allah SWT. Allah-lah yang telah mengajarinya dan membuatnya bisa mengenal alam semesta ini. Sehingga sebagai konsekuensinya, maka ia haruslah berpihak kepada kebenaran yang telah diturunkan Allah SWT, tidak peduli ia harus berhadapan dengan para oportunis, dan tidak peduli walaupun yang berpihak kepada kebenaran itu sangat sedikit. Karena ia tahu bahwa saat menghadap Allah SWT kelak, masing-masing akan mempertanggungjawabkan perbuatannya sendiri-sendiri dan Allah SWT tidak akan menyia-nyia-kan setiap perbuatan walaupun kecil (QS 99/7-8).

3. Kritis dalam belajar (QS 39/18). Setiap muslim mengetahui bahwa kebenaran yang terkandung dalam ilmu pengetahuan yang dipelajarinya bersifat relatif dan tidak tetap. Sehingga ia selalu berusaha bersifat kritis dan tidak menelan bulat-bulat apa yang dipelajarinya dari berbagai ilmu pengetahuan modern tanpa melakukan suatu pengujian dan eksperimen.
Bisa saja suatu saat nanti teori yang saat ini dianggap benar akan ditinggalkan, karena kebenaran teori bersifat akumulatif, sehingga dengan semakin berlalunya waktu maka akan semakin mengalami penyempurnaan. Hal ini berbeda dengan kebenaran al-Qur’an yang bersifat absolut karena ia diturunkan oleh Yang Maha Mengetahui akan kebenaran.

4. Menyampaikan ilmu (QS 14/52). Sifat kaum muslimin yang keempat adalah berusaha mengamalkan ilmu yang sudah didapatnya dengan berusaha menyampaikannya sedapat mungkin kepada orang lain. Karena pahala ilmu yang telah dipelajari akan menjadi suatu amal yang tidak pernah putus walaupun ia telah tiada, jika telah menjadi suatu ilmu yang bermanfaat.

5. Sangat takut pd Allah SWT (QS 3/173). Sifat yang kelima dari seorang ilmuwan muslim adalah bahwa dengan semakin bertambahnya ilmu pengetahuan yang didapatnya maka ia merasa semakin takut kepada Allah SWT. Hal ini disebabkan karena dengan semakin banyaknya ilmunya, maka semakin banyak rahasia alam semesta ini yang diketahuinya dan semakin yakinlah ia akan kebenaran firman Allah SWT dalam kitab-Nya. Bukan sebaliknya, semakin pandai maka semakin jauh ia kepada Allah SWT.

6. Bangun diwaktu malam (QS 39/9). Ciri seorang ilmuwan muslim yang keenam sebagai konsekuensi dari ciri kelima diatas adalah bahwa dengan semakin yakinnya ia kepada penciptanya maka akan semakin banyak ia beribadah kepada-Nya dan sebaik-baik ibadah adalah ibadah yang dilakukan diwaktu malam (QS 32/16).

Pembentukan Alam Semesta
Oleh Kassim Bahali, Persatuan Falak Syar’i Malaysia
Guru Kanan Fizik MRSM Jasin Melaka

Proses Kejadian Alam Dari Pandangan Al-Quran

Proses kejadian alam ini satu persoalan yang menarik sejak dari zaman dahulu hingga ke hari ini. Manusia masih ingin mencari kepastian asal usul kejadian alam ini. Bagaimana proses kejadiannya. Bagaimana alam ini terjadi dan diciptakan. Manusia masih tercari-cari jawabannya.

——————————————————————————–

Manusia tidak jemu-jemu dengan segala usaha dan kemahiran yang ada untuk mencari jawapannya. Ahli-ahli sains hari ini dengan teknologi tinggi dan canggih masih terus berusaha untuk mencari rahsia kejadian alam ini. Dan siapakah yang menciptakannya?
Allah yang menciptakan alam ini tidak membiarkan manusia begitu saja dalam mencari jawapannya kerana Dia Maha Mengetahui akan kelemahan hambaNya. Oleh kerana itulah Allah telah memberitahu manusia sedikit jawapan bagaimana dan siapa yang menciptakan alam ini. Jawapan-Nya diterangkan di dalam al Quraan melalui RasulNya, Muhammad. Di dalam al Quraan yang suci Allah menyebutkan Dialah yang menciptakan alam semesta ini dengan kekuasaan dan kehendakNya.

FirmanNya yang bermaksud:
“Dan Dialah menciptakan langit dan bumi dengan benar. Dan benarlah perkataanNya diwaktu Dia menyatakan, Jadilah lalu terjadilah’, dan di tanganNyalah segala kekuasaaan diwaktu sangkakala ditiup. Dia mengetahui yang ghaib dan yang nampak. Dan Dialah yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui” al Anaam: 73
Allah telah menciptakan langit dan bumi ini melalui proses-proses yang dikehendakiNya. Sebahagian daripada proses-proses kejadian alam ini telah diterangkan oleh Allah dengan jelas di dalam al Quran. Allah telah menerangkan bahawa kejadian langit dan bumi ini asalnya daripada satu yang padu, kemudian dipisahkan menjadi langit dan bumi.

Firman Allah yang bermaksud:
“Dan apakah orang-orang kafir, tidak mengetahui bahawasanya langit dan bumi itu kedua-duanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan kedua-duanya. Dan daripada air Kami jadikan segala suatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tidak juga beriman?

Ayat ini menerangkan asal kejadian alam semesta, terdapat tiga maklumat penting yang terkandung di dalam ayat ini berkaitan dengan kejadian alam semesta (Dr.Zakaria Awang Soh,1990)
~ Bahan yang membentuk alam semesta ini merupakan satu entiti (suatu yang wujud) tunggal.
~ Keseluruhan alam semesta, langit dan bumi adalah tercantum dalam satu unit.
~ pemisahan berlaku secara sistematik untuk menghasilkan hukum-hukum fizikal dan peningkatan jirim (ordering matter)
Perkataan “ratq” membawa maksud memadukan unsur-unsur menjadi satu jasad yang padu. Jasad yang padu inilah yang menjadi asal mula alam. Perkataan “fatq” membawa maksud dipisahkan atau dipecahkan. Jasad yang padu tadi kemudiannya melalui proses pemisahan. Bagaimana proses pemisahan itu tidak dapat dijelaskan. Jika dilihat kepada alam semesta yang wujud hari ini menggambarkan proses pemisahan ini berlaku dalam satu kuasa pemisahan yang sungguh hebat dan amat kuat.

Proses pembentukan alam ini berlaku secara bertahap-tahap selepas dari pemisahan itu. Hal ini seperti yang disebut di dalam alQuraan yang bermaksud;
“Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap lalu Dia berkata kepadaNya dan bumi, Datanglah kamu keduanya menurut perintahKu dengan suka hati atau terpaksa keduanya menjawab ‘kami datang dengan suka hati’ Maka Dia menjadikan tujuh langit dalam masa dua masa dan Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan kami hiasi langit yang dekat dengan bintang yang cemerlang dan Kami perliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.” Fushilat : 11-12
Seluruh proses kejadian alam ini berlaku secara sistematik dengan ukuran yang rapi dan tepat seperti yang disebut di dalam alQuraan
“Sesungguhnya Kami menciptakan tiap-tiap sesuatu menurut takdir (yang telah ditentukan).” AlQamar :49

Manakala alam semesta yang diciptakan oleh Allah ini sentiasa mengembang atau keluasan alam ini sentiasa bertambah dari masa kesemasa. Ini bermaksud segala apa yang ada di alam ini sentisa bertambah terhadap masa.

FirmanNya bermaksud:
“Dengan kemahiran dan kekuasaan Kami, Kami bangunkan langit dan Kami kembangkannya” Azariat : 47

Teori pembentukan alam semesta

Manusia sejak dari dahulu tertanya-tanya bagaimana laam ini terbentuk. Bagaimana asal pembentukannya. Persoalan ini menjadi perdebatan dan perbincangan hangat ahli-ahli sains. Jawapan yang tepat masih lagi satu rahsia yang sedang dicari-cari oleh ahli sains hari ini. Di antara usaha terbaru ialah dengan menghantar teleskop Hubble ke angaksa lepas. Berbagai pendapat dan teori dikeluarkan untuk menjawap persoalan tersebut. Terdapat tiga teori yang terkenal mengenai pembentukan alam semesta.

Beberapa konsep kosmologi telah dikemukakan oleh beberapa tokoh astronomi lampau diantaranya
1. Konsep Geosentrik iaitu konsep bumi sebagai pusat alam dimana semua benda-benda langit bergerak mengelilinginya. Konsep ini dikemukan oleh Claudius Ptolemy (126-161M).
2. Konsep Heliocentric mengatakan matahari sebagai pusat alam dikelilingi oleh bumi dan planet-planet lain. Teori ini dikemukan oleh Nicolaus Copernicus (1478-1543M). Beliau menerangkan teorinya ini dalam bukunya ” De Revolutionibus Orbium Coelestium” ( On the revolution of the celestial sphere).

Tetapi teori yang dikemukan di atas telah ditolak apabila penemuan baru tentang alam semesta ini ditemui. Muncullah beberapa teori moden yang menerangkan permulaan dan perkembangan alam.
1. Teori alam semesta berevolusi
2. Teori keadaan mantap
3. Teori letupan besar

1. Teori alam semesta berevolusi

Teori ini dikemukan oleh Friedman (1924) dari Rusia. Mengikut teori ini alam ini bermula dari satu letupan yang amat dahsyat. Awan gas yang terhasil dari letupan mengembang keluar selama berbilion tahun kemudian mengalami proses pengecutan menjadi galaksi dan bintang . Mengikut teori ini akibat daya tarikan graviti di antara galaksi-galaksi menyebabkan pengembangan keluar menjadi semakin perlahan dan akhirnya berhenti.

Ini menyebabkan ia mengecut ke dalam dan galaksi-galaksi akan bertemu dan bersatu menjadi satu yang padu seperti asal berbilion tahun yang lalu. Akibat dari pemampatan yang terlalu kuat akhirnya mengakibatkan satu letupan yang dahsyat seperti sebelum ini dan proses yang sama akan berulang semula. Mengikut teori ini tidak ada permulaan yang sebenar dan proses ini tidak berhenti berulang dan akan terus berulang. Mengikut teori ini juga alam semesta tidak statik tetapi berevolusi iaitu keluasan alam bertambah atau berkurangan terhadap dimensi masa. Alam yang sedang kita diami sekarang masih mengembang.

2. Teori keadaan mantap

Mengikut teori (oleh Bondi dan Gold) ini alam tidak bermula dengan letupan. Teori ini juga menerangkan bentuk alam adalah sama jika dari mana-mana arah dan juga pada bila-bila masa iaitu bilion tahun dahulu atau akan datang bentuk alam sama seperti yang kita lihat sekarang.
Berdasarkan teori ini proses pembentukan atom yang baru terus berlaku setiap masa.

Galaksi terbentuk daripada atom-atom yang bentuk. Galaksi yang baru akan terbentuk menggantikan galaksi-galaksi lama yang bergerak keluar. Galaksi-galaksi baru terbentuk semasa alam mengembang.
Atom-atom hidrogen terbentuk secara sepontan di ruang-ruang antara galaksi-galaksi. Walaupun mengikut teori ini alam mengembang tetapi oleh kerana jumlah bahan atau nisbah adalah sama, maka ketumpatan jasad di alam ini tidak berubah. Umur alam adalah infiniti dan tiada permulaan dan akhirnya mengikut teori ini.

3. Teori letupan besar

Teori ini dikemukan oleh ahli astronomi Belgium, Abbe Lemaitre(1920an). Teori ini telah mendapat perhatian dan diterima oleh kebanyakan ahli sains.Teori ini mengandaikan pada asalnya semua jisim dan tenaga adalah satu yang padu dengan ketumpatan yang sangat tinggi pada satu titik. Pada keadaan ini suhu dan jisim bahan tersebut sangat tinggi manakala jejari bahan tersebut sangat kecil dan menghampiri sifar. Semua bahan tertumpu ke satu titik, keadaan ini dinamakan primreview atom. Primreview atom mempunyai ketumpatan, suhu dan jisim infiniti manakala isipadunya hampir sifar, keadaan atom ini dinamakan ‘ketunggalan’ (singulariti) satu keadaan yang tidak dapat diterangkan oleh hukum-hukum fizik.

Kira-kira 15 billion tahun lalu atom primreview ini mengalami satu letupan yang sangat kuat dan dahsyat kemudian ia berpecah dan mengembang ke semua arah. Ketika letupan berlaku sebahagian tenaga ditukar kepada jisim. Suhu letupan sangat tinggi dan selepas letupan terbentuk foton, elektron, positron, nutrino, antinutrino, proton dan neutron. Semua zarah-zarah ini bergerak keluar. Pada masa 105 tahun selepas letupan proton menarik elektron mengorbitnya dan membentuk atom hidrogen.

Akibat dari daya tarikan graviti di antara jisim, berlaku pemampatan jisim dan berlakulah permulaan proses pembentukan galaksi. Didalam galaksi itu kemudiannya berlaku proses pembentukan bintang.

Pada 1989 satu teori baru tentang kejadian awal semesta dikemukakan oleh Hans-Joachim Blome dari Institute of Theoretical Physics di University of Colonge dan Wolfang Priester dari “Institue of Astrophyics and Extraterrestial Research” di University of Bonn.

Teori yang dikemukakan ini dinamakan “Teori Lantunan Besar”. Teori ini mengemukakan ruang dan masa tiada permulaan. Ruang pada mulanya tidak mengandungi sebarang jirim memang sedia ada. Menurut mereka ruang ini mengecut kepada suatu keadaan yang tidak dapat dikecutkan lagi dan ruang tersebut tidak pula hilang terus dalam proses pengecutan. Ruang kosong ini mengecut tetapi tidak hilang. Dari keadaan kecut yang paling kecil inilah ruang tersebut melantun semula ibarat bola getah yang dipamkan angin dan terus mengembang. Mengikut teori ini pada peringkat permulaan satu fasa tranformasi muncul.

Peringkat ini menghasilkan jirim asal bagi pembentukan segala jasad yang ada di alam ini. Berdasarkan kepada persamaan tenaga – jism Einstien ( E = mc2 ) pada peringkat awal ini paras tenaga adalah amat tinggi memenuhi ruang alam dalam bentuk jisim kosmos yang nampak dan tidak nampak telah wujud sebelum lantunan besar ini. Maka ruang asal-mula alam ini tidak kosong tetapi dipenuhi tenaga tanpa jisim (matterless energy).

Perbedaan antara teori letupan besar dan lantunan besar ialah dari segi asal-mula kejadian. Teori letupan besar mengemukakan alam bermula dengan Letupan manakala teori lantunan bermula dengan lantuan. Kedua-duanya mengatakan ruang memang sedia wujud dan terdapat tenaga yang sangat kuat. Ia sedia ada dan tiada permulaan sebelumnya.(as) klik disini siapa akhlussunnah waljamaah?

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

ONLY JUST CLIK PAID MONEY FREE

DIBAYAR FACEBOOK

Berbisnis dan berbagi bersama anak yatim

BAYAR APA SAJA MUDAH PLUS PASIF INCOME

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

your site traffic and get extra money free

SEJARAH SUKU BADUY

KLIK DISINI

WISATA GUNUNG SALAK

Taman Nasional Gunung Halimun – Salak

Destinasi Alam Petualang

Follower recent

Tips dan Trik Sukses Bisnis Online

visitor

  • 81,556 hits

Page Rank

free counters
ihannug

nobody's perfect

Liby Everlasting

Dari "Nothing" menjadi "Something"

RAU TRADE CENTER KOSUMBA

A great WordPress.com site

risqiaputri

Hanya sebuah kerikil kecil

BELAJAR INET MARKETING

Belajar Bisnis Online dan Internet Marketing

AndraUlfaWijaya

hidupku.. hidupmu..

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: